Sunblock : important & Dare to Buy

Karena banyaknya botol, tube atau apa saja itu di meja rias saya, setelah beberapa bulan saya baru menyadari hanya punya satu sunblock saja, itupun engga pernah saya pakai dan sudah menipis =___=

So sad, pantesan baru sadar kok wajah yang emang item ini makin item aja T__T

Terkait dengan itu kite lagi berusaha mengumpulkan info terkait pentingnya sunblock untuk diteplokin ke body dan wajah kita, sambil cari waktu untuk ke supermarket buat beli tuh sunblock (kalau sekarang masih panas bo’)

Nah, saya menemukan beberapa artikel bagus mengenai sunblock.

Definisi sunblock adalah ‘sesuatu’ yang berfungsi sebagai tembok yang memblok atau memantulkan sinar ultraviolet. Sunblock memiliki kandungan miberal seperti zinc oxide atau titanium dioxide sebagai bahan utama sehingga cocok digunakan jikakita memiliki kulit sensitif. Dalam membeli produk harus diperhatikan agar produk tabir surya tersebut mengandung bahan dasar yang penting dalam menangkal UVA dan UVB  dan  tidak gampang hilang kena air.

Apa itu UVA dan UVB?

Sinar UVA (ultraviolet type A) adalah radiasi matahari yang panjang gelombangnya 320-400 nm. Tidak  menyebabkan kemerahan dan nyeri. UVB (ultraviolet type B) adalah radiasi matahari yang panjang gelombangnya 290-320 nm lebih menyebabkan luka bakar (kemerahan) juga lebih nyeri. UVC adalah radiasi 280-100 nm penghasil ozone di lapisan ozone, dapat membasmi microorganisma dengan cara menghancurkan nucleic acid dalam DNA-nya. Sinar UVC lebih dulu terserap ozon sebelum mampu memanaskan bumi.

UVA (ultraviolet type A) menyebabkan kerusakan kulit permanen sampai terjadi kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker kulit  juga menyebabkan kulit jadi lebih gelap, sedangkan UVB menyebabkan kulit terbakar kemerahan dan nyeri.

Nah, soal pemakaian sunblock juga tidak asal ternyata teman, karena ada beberapa fakta terkait sunblock ini (http://www.miracle-magz.com/sun-block-hidden-fact/)

1. Penting juga untuk mereka yang berkulit gelap

Sunblock tidak hanya diperlukan oleh yang berkulit cerah, karena sunblock berfungsi untuk menangkal pengaruh buruk dari UVA dan UVB, jadi siapa saja perlu menggunakannya. Namun dari untuk yang berkulit cerah sebaiknya memakai SPF dengan kandungan yang lebih tinggi.

2. Pakai setiap beberapa jam sekali, bukan hanya sekali

Walaupun seringkali tertulis “All Day Protection” di kemasan, bukan berarti sekali oles bisa menangkal panas matahari seharian ya, pemakaian tetep wajib diulang setiap 2 jam sekali, terlebih saat berkeringat atau berenang karena bagaimanapun sunblock dapat terbilas oleh air dan hilang dari kulit.

3. Cermati komposisinya dalam memilih

Pastikan bertuliskan PAA++ yang berarti mampu melindungi dari UVA dan UVB sekaligus. Juga perhatikan tingkat SPF-nya.

4. Oleskan dalam jumlah yang cukup dan pastikan waktu yang cukup untuk penyerapan

Sunblock tidak akan bekerja maksimal bila hanya dipakai tipis merata. Bagaimanapun untuk mendapatkan proteksi optimal dibutuhkan perlindungan tebal dari si sunblock ini. Namun tetap dioles rata ya! Dan setelah itu tunggu sekitar 15 menit untuk membiarkan sunblock ini meresap ke kulit dan menjalankan tugasnya, barulah kita dapat keluar ruangan. Karena akan percuma hasilnya kalau kita sudah di luar ruangan sementara sunblock yang kita oleskan belum siap bekerja.

5. Tetap upayakan menghindari panas matahari di waktu terik

Bagaimanapun menghindarinya adalah cara yang tepat untuk melindungi kulit. Usahakan tidak beraktivitas di saat jam terik (antara 11-14), dan apabila bisa, pakailah topi, payung atau jaket untuk membantu menangkal sinarnya walaupun kita sudah memakai sunblock.

6. Jangan sembarangan meletakkan sunblock

Sunblock tidak boleh ditempatkan di tempat yang terpapar panas matahari langsung, karena saat terkena panas matahari dia akan bereaksi secara otomatis untuk melindungi dirinya. Jadi saat kita pakai sunblock yang telah “berperang” dengan matahari, hal itu tidak akan lagi berguna di kulit kita.

*oh NO sekarang saya paham pentingnya memakai si sunblock ini…setelah ini mari kita cari referensi merk sunblock apa yang kira-kira bagus*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s