Smart Shopper

Kulit halus, bebas kerut dan senantiasa lembap penting untuk kecantikan wajah. Namun apakah ini artinya kita perlu mengeluarkan uang banyak untuk sebuah produk bermutu?
Kabar baik bagi Anda, menurut dokter Hanny Nilasari, SpKK dari FKUI RSCM, produk perawatan kulit yang dijual di supermarket dan drugstore kini selain aman digunakan ternyata kualitasnya tidak kalah dengan brand premium. Senang bukan?

PELAJARI PRODUK PILIHAN
Langkah awalnya adalah mempelajari kandungan dari produk. Kandungan yang biasa dijual bebas adalah anti oksidan, vitamin A, B3, B5, C, E, betakaroten, pro enzim, green tea, dan soy.
Kandungan lain yang lebih spesifik, seperti retinoin, tazaroten, retinol, alpha hidroxy acid, emolien, anti oksidan, serta ceramide biasanya juga dipakai untuk memperbaiki lapisan pelindung kulit, mengenyalkan serta mengencangkan kulit. Apa sebenarnya khasiatnya?

CLA4 (Conjugated Linoleic Acid) Complex
Diklaim oleh produsen: Mengurangi flek hitam, kerutan dan membuat kulit lebih cerah.
Cara Kerja: CLA4 Complex terdiri dari AHA, CLA, Retinol dan Retinol Boosters. AHA pada bagian Stratum Corneum (yang terletak di bawah lapisan teratas kulit) akan memperbaiki penampilan dan tekstur kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga tumbuh sel kulit baru yang sehat. Di waktu yang sama, CLA bertugas menstimulasi pembentukan sel kulit baru dan mempertahankan kadar kolagen di kulit. Sementara retinol bekerja memperlambat proses penuaan dan retinol booster bertugas mempercepat kerja retinol.
Evaluasi Dermatologis: Kombinasi dari AHA, CLA dan Retinol bisa meningkatkan produksi dari sel-sel kulit baru, sekaligus membuat kulit awet muda lebih lama. Namun kecepatan hasil yang bisa didapat tergantung dari kondisi kulit saat ini, tingkat kekenyalan, kelembaban, serta metabolisma kulit.

Hyaluronic Acid
Diklaim oleh produsen: Mencegah penuaan dini, dan sel kulit baru yang dihasilkan bisa awet muda lebih lama.
Cara Kerja: Hyaluronic acid ini bersifat mudah meresap bila dioleskan ke kulit. Asam ini dapat menarik air sekaligus menahannya menguap sehingga kulit menjadi padat dan kenyal.
Evaluasi dermatologis: Asam hyaluronic berasal dari molekul hyaluronan (bagian dari susunan jaringan kulit yang padat di antara sel), sifatnya membuat kulit kenyal dan segar kulit seperti kulit bayi. Karena, memang di kulit bayi banyak terdapat hyaluronic acid. Semakin dewasa, metabolisma kulit semakin berkurang sehingga membutuhkan tambahan hyaluronic acid dari luar.

Peptide
Diklaim oleh produsen: Menyamarkan ke­riput, serta membuat kulit lebih kenyal.
Cara Kerja: Peptide adalah rangkaian dari asam amino. Sama seperti hyaluronic acid, peptide berguna untuk memperbaiki proses regenerasi sel. Bedanya, zat ini juga merangsang produksi kolagen sehingga elastisitas kulit terjaga.
Evaluasi Dermatologis: Ada macam–macam peptide di antaranya adalah aminopeptide. Bila ada krim atau serum yang dipenuhi oleh konsentrat amino-peptide ini maka secara spesifik krim atau serum tersebut didesain untuk meregenerasi kulit sel-sel di epidermis.

Retinol
Diklaim oleh produsen: Memperlambat proses penuaan kulit yang ditandai oleh munculnya kerutan, kulit kendur dan flek atau noda hitam pada permukaan kulit wajah.
Cara kerja: Retinol merupakan vitamin pen­ting untuk memperlambat proses penuaan kulit. Biasanya vitamin ini dikombinasikan dengan zat lain, seperti CollagenOx Complex untuk merangsang kekenyalan kulit dari dalam atau THPE (Tetrahydroxypropyl Ethylenediamine) yang dapat mengencangkan jaringan kulit.
Evaluasi dermatologis: Retinol adalah bahan anti penuaan yang merupakan turunan dari Vitamin A. Retinol sebenarnya ditemukan pada kulit secara alami. Tapi semakin dewasa produksi retinol di kulit bisa berkurang. Sifat retinol yang bisa masuk ke dalam kulit hingga ke epidermis sangat membantu merangsang pertumbuhan sel baru dan menstimulasi produksi collagen. Namun regenerasi sel kulit yang paling optimal terjadi di malam hari. Oleh sebab itu biasanya retinol paling baik digunakan sebagai krim malam.

Penulis: Khairiyyah Sari
dikutip dari Majalah Femina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s