Bahasa Salon

Pernahkah Anda berada dalam situasi serba salah dengan penata rambut di salon kesayangan akibat ia salah memotong rambut Anda? Berawal saat penata rambut menanyakan potongan model apa yang diinginkan, dan dengan yakin Anda mengatakan ingin diberi efek yang begini begitu. Si penata rambut pun dengan fasih menjelaskan tentang layer, trap, dan thinning out. Anda berdua saling mengangguk tanda sepakat. Namun, selesai dipotong, alangkah terkejutnya Anda melihat hasilnya yang jauh dari yang Anda inginkan.

Sebenarnya, masalahnya cuma salah komunikasi saja. Anda berniat ingin menipiskan sedikit rambut agar bentuknya lebih bertekstur, tetapi si penata rambut salah mengerti. Potongan yang sebenarnya Anda butuhkan adalah chopping bukan thinning out seperti yang ada di benak si penata rambut.

Banyak pelanggan salon yang tidak terlalu paham dengan perbedaan istilah teknik guntingan rambut maupun penataan yang biasa digunakan penata rambut. Nah, agar kejadian seperti itu tidak terjadi, sudah saatnya Anda belajar mengerti bahasa salon.

BEACHY
Potongan rambut dengan kesan ikal alami yang ditata senatural mungkin dengan efek sedikit basah atau wet look. Jika memiliki rambut lurus, biasanya rambut akan dikeriting permanen dulu menggunakan gulungan besar, lalu ditata. Penataannya tidak terlalu rumit. Setelah dicuci, rambut dibubuhi styling gel dan serum lalu dikeringkan. Gel berguna untuk memberi kesan basah, dan serum untuk melembutkan rambut agar saat mengering helainya tidak terburai. Rambut kemudian dikeringkan dengan cara diremas menggunakan hair dyer corong.

OVERDIRECTING
Tujuan utamanya adalah untuk memberi volume pada rambut bagian atas. Rambut yang akan digunting ditarik ke satu arah sekitar 45 derajat. Cara ini dapat diterapkan pada rambut berukuran medium dan panjang.

STRUKTUR
Guntingan rambut dengan potongan yang rapi dan presisi. Biasanya diterapkan pada gaya potongan rambut geometris seperti model bob. Penataannya pun cukup praktis. Rambut cukup di-blow lurus, lalu semprotkan hair shine.

BODY WAVE
Untuk menambah volume pada rambut tipis maupun rambut yang terlihat menempel di kulit kepala. Rambut terlihat lebih mengembang dengan teknik pengeritingan menggunakan gulungan besar. Bisa permanen dan juga dapat menggunakan curling iron.

TEXTURING
Teknik potong untuk memberi dimensi pada model rambut agar tidak terlihat lepek. Caranya bermacam-macam, bisa dengan teknik guntingan yang memperlembut potongan rambut lebat, atau membuat rambut sangat ikal menjadi terlihat lebih lembut dan ringan.

DISCONNECTED
Teknik potong yang terkesan patah, karena pada satu bagian rambut dengan yang lainnya tidak ada kesatuan. Namun, potongan ini biasanya sangat artistik dan tidak umum, serta dapat diterapkan untuk gaya futuristis.

LAYERING
Teknik potong rambut bersusun dimulai dari bagian tengah hingga ujung rambut, untuk menghasilkan rambut yang lebih berdimensi. Jatuhnya rambut pun terlihat lembut, ringan, dan modern. Penataannya, bisa di-blow atau ditata cantik. Rambut panjang akan terlihat feminin secara instan, sedangkan rambut pendek menjadi lebih chic dan modern.

CHOPPING
Teknik guntingan untuk menciptakan banyak tekstur agar rambut berkesan ringan. Bisa diterapkan pada potongan rambut panjang maupun pendek. Caranya adalah dengan menggunakan pisau cukur (razor). Biasanya diterapkan untuk gaya rambut shaggy. Chopping cocok untuk jenis rambut lurus dan bergelombang, namun tidak disarankan untuk jenis rambut ikal yang intens. Penataan untuk potongan rambut pendek sangat praktis, cukup dikeringkan menggunakan bantuan jemari dan wax pada batang rambut.

Saat di salon jangan pernah lakukan ini!
Usai mengeriting rambut langsung di-highlight. Bila ingin warna, manfaatkan toning, Dibutuhkan waktu minimal satu minggu setelah pengeritingan untuk melakukan pewarnaan permanen. Hal ini berlaku juga untuk proses pelurusan rambut.

Penulis: Revyana Zulardiani
Dikutip dari Majalah Femina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s