Tips Sehat

Menjaga kebiasaan hidup kita sehari-hari merupakan salah satu hal yang dapat membuat kita sehat. Selain menjaga secara fisik, kita harus pula memperhatikan suasana hati, agar terjaga dari hal-hal yang membuat kesehatan terganggu. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam keseharian kita. Keep your healthy today!

1. Air putih = WAJIB!
Air merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh kita. Karena itu, sepadat apapun aktivitas kita, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Selain metabolisme tubuh jadi terjaga, ginjal pun semakin bersih sehingga mengurangi risiko adanya penggumpalan sisa-sisa penyaringan penyebab batu ginjal!

2. Buang pada saatnya
Hal ini yang kadang terabaikan di saat kita sibuk. Jangan sering-sering menahan buang air kecil. Hentikan kebiasaan satu ini kalau kita benar-benar peduli dengan kesehatan. Nggak cuma infeksi saluran kencing, kita juga bisa menderita gangguan ginjal, tuh!

3. Higienis
Waspada terhadap kuman. Rajinlah membawa cairan pencuci tangan antiseptik di mana pun kita berada. Saat mau ngemil kue atau keripik di kampus, kita pun bisa mencuci tangan terlebih dahulu. Kita nggak pernah tahu, kan, seberapa banyak kuman yang menempel di uang atau meja yang kita sentuh….

4. Cukup tidur
Kurang tidur dapat memperlemah daya ingat plus memicu timbulnya migrein. Usahakan tidur setidaknya enam jam perhari supaya kita bisa berpikir lebih jernih di kantor atau kampus. Jadi aturlah kegiatan anda untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

5. Check up!
Setiap hari kita menggunakan gigi untuk mengunyah makanan. Biarpun kita sudah rutin menggosok gigi, namun jangan merasa malas berkunjung ke dokter gigi.  Meski nggak ada keluhan, kita tetap wajib mengunjunginya dua kali setahun untuk mengecek kesehatan gigi sekaligus membersihkannya dari karang yang mengurangi kecantikan senyum kita.

6. Sayang mata
Membaca novel atau menonton DVD memang menyenangkan, tapi usahakanlah untuk tidak melakukannya saat mata sudah terlalu lelah. Penglihatan kita bisa terganggu, tuh! Hindari juga membaca dalam keadaan remang-remang tanpa cukup cahaya jika ingin mata tetap sehat. Sayangi mata anda.

7. Lebih peduli
Perokok pasif seperti kita tetap berisiko terkena infeksi paru dan telinga, bahkan kanker paru-paru akibat asap rokok yang dihasilkan perokok aktif di sekeliling kita. Makanya, selalu gunakan masker atau tutupi hidung dengan tisu saat ada orang yang merokok atau tegur saja, deh. Itu merupakan hak kita untuk memperoleh udara bersih untuk pernafasan.

8. Stress management 
Tekanan di kantor maupun kampus bisa membuat kita stres dan gampang naik darah. Kalau sudah begini, kita jadi rentan terkena migrein atau berat kepala sebelah. Untuk menghindarinya cobalah untuk berpikir lebih positif dan bersabar menghadapi segala cobaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s