pengalaman bikin Bubur Sumsum

Ini sebenernya masih berkaitan dengan topik diet saya, heheehe…berhubung salah satu makanan yang boleh saya makan dalam seminggu ini adalah jenis makanan yang bisa langsung ditelan atau dicerna usus, yaitu salah satunya adalah bubur sum-sum.

Sebenernya dulu sudah pernah bikin sih, jaman waktu aku kenal dengan mbak-mbak SPG tepung beras dari Jabar yang waktu itu datang ke rumah untuk training. Pas itu aku inget si mbak itu (kalau ga salah namanya mbak Yanti), bisa bikin bubur sum-sum yang enak sekali dengan bahan-bahan yang amat sederhana.

Makanya aku dengan pede langsung ambil panci, kuisi tepung beras, santan siap pakai (merk Kara), air dan garam…langsung diaduk dan ditaruh di atas panci.

hahaha… (buat yang pernah bikin pasti langsung deh tau kebodohan jenis apa yang sudah saya ciptakan)

Secara fisik memang sih buburnya berbentuk bubur sum-sum seperti pada umumnya…tapi rasanya itu lho, terlalu santan, jadi ujung-ujungnya pait!

Karena itu sekarang saya harus menemukan resep (yang BENAR dan bukan dari aliran sesat seperti yang saya lakukan).

Check this…

 

Bubur Sumsum

Bahan:
100 g tepung beras yang bagus

½ sdt garam
650 ml santan (atau 100 ml santan Kara + 550 ml air)
2 lembar daun pandan, potong-potong

Saus:
200 g gula merah, sisir

50 g gula pasir
250 ml air
1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat:
Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata. Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih. Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Angkat.

Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring.

Sajikan bubur dengan Sausnya.

untuk 6 orang

 

Nah, jadi dibandingkan apa yang saya lakukan, kesalahan yang saya lakukan adalah:

  1. saya pakai santan siap pakai, tapi saya tidak mengencerkannya terlebih dahulu! jadinya santan terlalu kental di dalam adonan tadi, menimbulkan rasa ‘terlalu-santan’ yang pahit
  2. semestinya masukkan adonan satu persatu, ada step, santan dulu baru larutan tepun…bukan seperti saya, main aduk jadi satu saja

hehe..untung cuma bikin sedikit saja. Kalau bikin jumlah besar kan sayang bahan baku-nya jadi sia-sia. Padahal kalau dipakai lebih benar sedikit saja sudah menghasilkan suatu bubur sederhana yang enak sekali…apalagi kalau dimakan sewaktu panas! yummi…

One thought on “pengalaman bikin Bubur Sumsum

  1. hehehe thx ya,,,, ni bermanfaat sekali cz suamiku lagi sakit gigi n ga bisa makan nasi,,, jd ta buatin bubur sum sum ni aja deh,,,,!!! Makasih infonya,,,!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s