Diet ala Saya (part.1)

Hahaha….masalah berat badan ini memang cukup mengganggu sekali bagi banyak orang yang merasa endut seperti saya ini! Tinggi badan 166cm, berat 57kg, Jadi emang ada beberapa komponen lemak yang perlu dilenyapkan….

nah, selama sebulan terakhir ini sih saya emang berniat menurunkan berat badan. Jadi sebisa mungkin saya rem makanan saya, perbanyak makan sayur-mayur, cemilan saya lahap kalau emang benar-benar suka saja, nasi sesedikit mungkin. Walau itu pun banyak gangguan gara-gara saya harus pergi keluar kota (Jakarta, Karawang, Jogja) sehingga mau tidak mau sering sekali diajak tuan rumah wisata kuliner yang tentunya amat susah ditolak (nanti dianggap sombong, terus selain itu juga namanya tamu pasti disuguhi ‘makanan spesial’ sehingga susah ditolak).

Jadi….biarpun sebelum saya bepergian saya berhasil menurunkan 1,5kg, eeh..setelah pergi ternyata naik 1kg, hahaha…! susahnyaaaa!!!

dan karena waktu makin mepet dengan wisuda, mengingat saya gak mau kebaya wisuda saya tiba-tiba tidak muat di hari H maka saya mengeraskan niat lagi untuk berdiet!

Kemudian saya sempat baca menu diet 13 hari sebagai berikut (diambil dari Group FB angkatan kuliah saya). Ketentuan diet-nya sebagai berikut:

MENU DIET 13 HARI
PANTANGAN : GARAM (ASIN)

SYARAT :

  1. Satu hari minum 8 gelas besar air putih (jangan air es), kurang lebih 2 liter air putih
  2. Daging bistik digoreng dalam Danish Butter/Minyak Jagung/Butter unsalted (tawar)
  3. Sayuran biasanya 1 ikat bayam, jangan direbus terlalu lama (tanpa garam), dan selada dimakan mentah
  4. Makan malam terakhir pk. 18:00
  5. Air putih dapat diminum setiap jam
  6. Sebaiknya tinggal di rumah karena kita buang air kecil bisa mencapai 8x sehari
  7. Buang air besar jarang sekali karena hampir semua makanan diserap oleh tubuh
  8. Diet ini hanya menghilangkan lemak, jangan takut ada efek sampingan

KEUNTUNGAN :

  1. Diet ini jika diikuti betul-betul (tidak menyimpang sedikitpun), akan menurunkan berat badan anda 7-8 kg
  2. Diet ini telah diselidiki bahwa keadaan kimia di dalam tubuh semakin baik, sehingga tidak ada kemungkinan untuk bisa menjadi gemuk lagi
  3. Asalkan setelah hari ke-14, makannya secara normal kembali (tidak berlebih-lebihan)
  4. Diet ini cukup dilakukan sekali dalam setahun

YANG PERLU DIPERHATIKAN :
Apabila lupa, tiba-tiba makan sesuatu yang menyimpang dari diet ini, misalnya hari ke-4 atau misalnya sudah hampir selesai (hari ke-12), diet ini harus diulang lagi dari hari pertama. Sebab nantinya walaupun berat badan kita turun, tetapi kemungkinan untuk bisa gemuk lagi akan terjadi dengan adanya penyimpangan tersebut.

MENU DIET :

Hari ke-1 dan ke-8 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh dengan 1 sendok gula equal

Siang : 2 butir telur rebus matang + 1 ikat bayam direbus sebentar + 1 buah tomat segar
Malam : 100 gr daging bistik goreng + slada diberi jeruk citrun/jeruk nipis

Hari ke-2 dan ke-9 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh dengan 1 sendok gula equal

Siang : 60 gr bistik goreng + slada + 1 buah segar (jeruk/semangka/ belimbing/ jambu raksasa)
Malam : 120 gr ayam kukus + 1 gelas susu nonfat tanpa gula

Hari ke-3 dan ke-10 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula equal + 1 potong roti tawar bakar

Siang : 2 butir telur rebus + 1 buah tomat + 1 buah segar + 1 ikat bayam/kangkung
Malam : 120 gr ayam kukus + slada yang ditaburi jeruk citrun/nipis

Hari ke-4 dan ke-11 :
Pagi : 1 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula equal + 1 potong roti tawar bakar
Siang : 1 telur rebus + 1 wortel (rebus sebentar) + 1 potong keju non fat
Malam : 1 mangkok penuh pepaya ditaburi jeruk citrun/nipis + 1 gelas susu non fat tanpa gula

Hari ke-5 dan ke-12 :
Pagi : 1 wortel besar mentah diparut kasar ditaburi jeruk nipis

Siang : 120 gr ayam kukus dengan sedikit saus mentega yang tidak asin
Malam : 60 gr bistik goreng (minyak jagung) + selada mentah + bayam direbus sebentar

Hari ke-6 dan ke-13
Pagi : 1 cangkir kopi/teh tanda gula + 1 potong roti tawar bakar

Siang : 120 gr ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk nipis
Malam : 2 telur rebus + 1 wortel besar mentah parut ditaburi jeruk nipis

Hari ke-7
Pagi : 1 cangkir kopi/teh tanpa gula equal

Siang : 60 gr bistik goreng + 1 buah segar
Malam : Dilarang Makan

Soal kemanjuran-nya, saya belum sempat coba (kalau ada yang mau coba dan sudah sukses, tolong di-review. ke saya yaa! hihihiii) . Bukannya karena gak niat terus gak jadi, karena masalah selanjutnya yang terjadi adalah seperti ini.

Niat awal : jalankan diet tersebut sambil ikut program totok lemak di Pare, Jawa Timur. (infonya seperti ini, jadi di sana ada ibu pijat yang bisa totok lemak dan konon kabarnya berhasil mensukseskan banyak orang untuk mengurangi berat badan dengan totok yang tidak menimbulkan efek yoyo sesudah-nya)

Jadi saya pun hari itu berniat pergi ke sana, hehe…soalnya dengar-dengar ada orang yang bisa sukses sampai turun 15 kg loh disana gara-gara treatment dari ibu Kadek ini.

Pagi hari saya sudah berniat melaksanakan, jadi hanya sarapan teh hangat saja.

Kemudian saya menuju tempat si ibu tadi. Kerennya, biarpun saya gak tau alamat lengkap si ibu Kadek ini (hanya tahu desa lokasinya saja, Gedangsewu) namun ternyata cukup gampang menemukannya, hanya modal tanya para tukang becak di pinggir jalan, dan tralala… dalam waktu beberapa menit saya berhasil menemukan rumahnya.

 

Dan..woww… sesampainya disana, ternyata bentuknya seperti praktek dokter saja. Ada halaman luas untuk parkir (dan yang datang bervariasi mulai dari sepeda motor sampai mobil luar kota), ruang tunggu yang -cukup banyak- juga antriannya (yang jelas yang datang kesana tentulah orang-orang ‘berbobot’ hehehe, termasuk saya)

Trus setelah daftar ke mas pembawa catatan, saya ditimbang dan dipersilahkan menunggu. Dirata-rata, satu pasien masuk sih cuma sebentar saja (benar-benar layaknya antri di dokter, ya sekitar 5-15 menit saja per pasien) untung sih cuma bentar, kalau harus nunggu lama wah pasti garing banget, wong yang antri sebelum saya saja udah mencapai 8 orang…

… setelah mengantri…

Akhirnya saya masuk dengan deg-degan (mbayangin mau diapain di dalam). Dan ternyata si ibu Kadek tidak seperti yang saya bayangkan (abis kalau bayangin ibu-ibu tukang pijat urut/ lulur gitu kan rata-rata uda tua, tradisional, hehehe) ternyata si ibu Kadek masih muda, modis dan cantik juga. Dan sangat ramah sih orangnya. Jadi beliau menyarankan, kalau berdiet diniatkan untuk kesehatan, trus nyuruh berdoa dulu sebelum memulai treatment (serasa penyentuhan rohani, hehehe)

Trus ni kaos bagian punggung dipegang-pegang sebentar (gak tahu sih dibuat apa)…abis itu si ibu memberi pesan begini pada saya:

Jadi selama seminggu ke depan adek kalau makan jangan makan yang dikunyah ya, makannya diganti minum saja. Minum air, minum jus buah atau jus sayur, susu, sari kedelai atau kacang hijau. Kalau bosan boleh juga diganti es krim atau bubur sumsum. Tapi jangan makan yang dikunyah yaa….Nanti makan nasi kalau sudah seminggu sebelum kesini, tapi satu porsi saja ya, jangan berlebihan.

Dan supaya kuat menjalankannya, anggap saja adek ini sedang beribadah puasa, karena niatnya memang untuk kesehatan. Jadi akan tahan godaan biarpun melihat makanan di sekitar adek. Anggap ini puasa, tapi masih boleh minum, begitu.

Glek!

hahaaha…ternyata ga kalah berat sama menu diet yang awalnya mau saya pakai.

Dan setelah itu saya sudah boleh pulang setelah bayar biaya Rp 25.000,00 saja. Dan nanti satu minggu lagi saya wajib kembali kesana untuk treatment selanjutnya.

Maka dari itu sekarang sudah 2 hari ini saya hidup dari kalori minuman saja. Yang sudah saya minum 2 hari terakhir ini adalah susu coklat, sari kedelai rasa coklat, jus strawberry, sari kacang hijau, air putih (tentunya), dan es krim. Dan sugesti si ibu cukup kuat bagi saya (atau saya semi di-hipnotis ya?) memang sih masih pengen yan

Sementara ini sih saya belum timbang badan saya lagi. Namun yang masih penasaran sih mencari ‘dasar teori’ mengapa orang gemuk harus punya pantangan asin (seperti menu diet 13 hari itu) dan apa pengaruh kalau kita makan sesuatu yang cair-cair saja (seperti kata ibu Kadek).  Akan saya bahas di post selanjutnya….

29 thoughts on “Diet ala Saya (part.1)

  1. Pingback: Diet ala Saya (part.3) -teorema diet pantang makan garam- « princess Faraa's Diary

  2. Pingback: Diet ala Saya (part.3) -teorema diet pantang makan garam- | princess Faraa's Diary

  3. Pingback: Diet ala Saya (part.2) | princess Faraa's Diary

  4. kalo aq udagh coba dan all hasil trun 3kg karna sering melanggar pantangan giotu….
    tapi dya juga buka di malang pakisaji tepatnya di depan kantor perhutani…

  5. Boleh ya ikutan share
    Aq dulu jga pernah ke bu kadek, manjur jga lo, 1 bln aq bsa turun sampe’ 10 kg ( pengin kan…….)
    Minggu dpn kayaknya aq mau mulai lgi mengunjungi bu kadek yg di pakisaji
    Mudah2an berhasil……….

  6. ikut nimbrung ya,aku dulu berhasil lho smpk 16kg tapi suka berhenti2 soalnya sering melanggar,hbs melahirkan eh naik lagi,rencana mau ke pare lagi sih,tapi aduh kok jauh ya…

  7. Mbakk saya minta alamat bu kadek yg di sidoarjo yaaa??? Dan sy juga minta nomer hpnya bu kadek… Makasiih..
    Tolong balas sy lewat sms sy di no hp sy 085732177745.

  8. Teman2 kalo yang di pakisaji depan kantor perhutani itu bukaknya hari apa aja?jam brapa?

  9. Sekedar share aja, kmrn ikut2an temen yg udah berhasil diet bu kadek lho, dy sebulan udah turn 8 kg katanya, walau ada beberapa hari yg dilanggar, hehehee..
    Alamatnya di perumahan pucang indah sidoarjo, begitu masuk gapura perumahan, kiri jalan pas didepan pos satpam itu praktik nya bu kadek, gampang bgt, pagar coklat. Praktiknya tiap hr rabu pagi smp siang, dan buka lg sore smp malam..

  10. Yuuuhuuu.. Dpt dewh info tntng mb kadek.
    Dr kapan hari nyari2 nopeny mb kadek ga nemu2
    Untung ada yg nulis tntng mb kadek,tq yaaa…

    Mau share jg yaaa
    Dlu aku pernah ikutan diet mb kadek sebelum nikah minggu pertama g nglanggar pantangan turun 5kg
    Seneng heppy tp setelh itu g tahan godaan hahaha
    Sekarang mau ikutan lg aaa…
    Semoga berhsil lg.. Amiiiin

    Tq sista2…

  11. Bu kadek masih buka praktik kan di sidoarjo? kira2 temen2 yg sudah pernah ke bu kadek , apa aja ya pantangannya? saya pengen banget nyoba😀

  12. hi..q jg ikut share ya….ini q ikut dietx mb kadek jg lo….q dah turun 10 kilo dlm 1,5 bln.n targetq kurang 10 kilo lg….smangaaattttt

  13. Alhamdulillah, pake diet mayo (diet tanpa garam, gula, karbohidrat 13 hari) turun 7 kg dalam 2 minggu. Lanjut dengan shaum Senin-Kamis, turun 14 kg dalam 2 bulan ..😀

  14. Mbak mau tanya praktek bu kadek skrg bukax hr apa ya yg d sdoarjo,, skali totok itu kna brpa y mbak? Mksh

  15. aku lagi proses ke Bu Kadek yang di Malang loo.. seminggu pertama sukse ngilangin 5 kg. coba telpon ke nomernya 0812-1703-7417

  16. numpang share. .dulu pertama kali bu kadek buka di sidoarjo saya sudah coba. .kalo ga salah sekitar 2010 kalo ga 2011 (lupa). .saat itu saya 4 bulan bisa turun 25kg. .itupun ada bbrapa hari yg ngelanggar. . .tapi karena dulu saya tidak tahu ada sistem “kunci” kalau sudah sampai berat yg diinginkan. .alhasil saya dulu ga saya kunci, dan sekarang berat saya balik lagi bahkan lebih berat bbrapa kilo dari 5tahun lalu. .
    itupun karena saya tidak olahraga dan makan “ngawur”,
    beberapa teman saya yg dulu beratnya sama kayak saya, sampai sekarang gak gemuk lagi, karena sudah di ‘kunci’. .

    sekarang saya kesana lagi sejak awal maret, dan sekarang total sudah turun 15kg, masih lanjut sampe puas dengan berat badan saya. .

    yang disidoarjo tetep buka, sekarang hari senin jam 12.00 – 20.00. .biayanya sekarang 60rb sekali datang, ,tapi saya rasa masih murah, karena kalau saya ga ke bu kadek mungkin selama seminggu biaya makan akan lebih dari 60rb. .

    semoga yang lain berhasil. .

Leave a Reply

