Tugas Pengamatan Produk

Pengamatan pada Produk

Produk yang diamati       :

Pemompa Air pada Galon Air  Mineral

Seringkali kita menggunakan pompa jenis ini untuk memompa air pada air gallon. Pompa jenis ini sering dipakai karena alas an praktis, tidak perlu mengangkat atau membalik gallon untuk mengeluarkan air serta cukup simple dan dapat menghemat tempat. Cara penggunaannya pun cukup praktis yaitu tinggal menekan bagian atas kepala sehingga pegas akan bekerja dan memompa air dari dalam gallon agar melewati selang lurus dan keluar melalui selang luar.

Kritik terhadap produk :

Kelemahan produk ini terdapat pada bagian pegas plastic yang terdapat pada kepala pompa. Apabila tangan yang memompa kurang berhati-hati atau terlalu keras menekan bagian atas kepala pompa maka akan menyebabkan pegas plastic di dalamnya rusak. Walaupun kerusakan yang terjadi hanya menimbulkan lubang kecil pada pegas plastic namun hal tersebut sudah menyebabkan pompa ini tidak dapat dipakai lagi. Selain itu ukuran leher pada pompa terkadang tidak pas dengan ukuran gallon. Hal ini sebenarnya disebabkan ukuran leher lubang gallon yang terkadang tidak presisi. Padahal apabila pompa tidak dapat terpasang secara tepat pada leher (apabila masih ada rongga udara di leher gallon) maka lagi-lagi pompa ini sudah tidak dapat berfungsi.

Alternatif Solusi                :

  1. Mengingat pegas plastic merupakan bagian yang vital bagi alat ini, sebaiknya pegas tersebut diproduksi dari bahan yang lebih tebal dan kuat namun tetap elastic sehingga tidak mudah rusak.
  2. Sebaiknya pihak industry pompa juga menyediakan bagian pegas plastic sebagai spare-part yang juga dijual di pasaran agar apabila terjadi kerusakan pada pegas plastic konsumen tidak kesulitan atau harus membeli pompa baru lagi. Di samping pemborosan hali ni juga merupakan pemborosan plastic.
  3. Ukuran leher pompa sebaiknya dirancang agar mudah diubah ukurannya sehingga apabila konsumen memiliki gallon yang ukurannya tidak presisi mereka tetap dapat menggunakan pompa gallon tersebut.

 

Originally wrote at 9/22/2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s