Proposal Tugas Product Data Management

Product Data Management – Studi Eksploratori pada Maintenance Center sebagai Dasar Pengembangan Desain Technical Support untuk Laptop Acer

 

BAB I  PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Kebutuhan akan informasi sudah semakin tidak terhindarkan dari tahun ke tahun, ini terlihat dari banyaknya pertumbuhan dari pemakai gadget informasi, baik dari komputer hingga telepon selular tidak terkecuali penggunaan laptop. Dengan penggunaan laptop yang mudah dikalangan masyarakat, sehingga dapat digunakan dimana pun dan kapan pun. Selain itu, dengan adanya perkembangan pertukaran informasi yang cepat, dituntut orang selalu meng-update informasi tersebut. Selanjutnya perkembangan jaringan nir-cable mendukung orang untuk tidak perlu susah payah dalam mengaksesnya.

Dari gambaran di atas, kebutuhan teknologi merupakan pasar yang menjanjikan kepada produsen untuk selalu mengembangkan inovasi-inovasi agar bisa merebut pasar. Menunjukkan bahwa dari sini, produsen akan memproduksi banyak produk walaupun perbedaan itu tidak terlalu signifikan, tetapi dari segi tersebut produsen ingin merebut pasar konsumen. Contoh tersebut terjadi pada salah produk laptop, yaitu Toshiba dan Acer. Tidak terdapat perbedaan secara signifikan dari produk tertentu, karena produk tersebut dikhususkan untuk memperamaikan pasar, sehingga pilihan konsumen semakin banyak.

Dengan banyak produk yang serupa dan dengan teknologi tertentu, produsen mempunyai tanggung jawab untuk mengkontrol barang tersebut, dengan adanya control tersebut produsen mengetahui kondisi dari produknya. Dengan control tersebut, jika ada kerusakan-kerusakan perusahaan mempunyai database untuk produk tersebut. Control tersebut dapat digunakan pada produk, untuk melihat kerusakan yang terjadi akibat pemakaian dari konsumen, dan ini berhubungan dengan warranty yang akan diberikan oleh produsen. Pencatatan ini sangat penting karena, banyak kerusakan disebabkan oleh perilaku konsumen itu, dan di harapkan dari pencatatan tersebut produsen dapat mengembangkan produk yang lebih baik untuk kedepannya. Pencatatan tersebut dinamakan dengan Product Data Management.

Product Data Management (PDM) telah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses pengembangan produk sejak tahap desain hingga implementasi (Kovacz et al., 1998). PDM digunakan oleh manufaktur untuk mengelola data dan dokumen yang terkumpul pada saat proses desain produk dan fitur-fitur yang termasuk dalam sistem. Fitur-fitur tersebut meliputi manajemen dokumen, manajemen struktur produk, data/informasi kegagalan desain produk.

Selama ini PDM lebih sering digunakan pada saat manufaktur melakukan optimasi terhadap prosesnya dengan tujuan untuk mengurangi waktu fase pengembangan produk dan time-to-market. Hingga akhir tahun 1990an, PDM diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan 4 wall approach (Hammeri dan Nihtila, 1998). PDM digunakan pada tahap konseptual, desain, proses manufaktur, hingga operasional. Hammeri dan Nihtila (1998) menyebutkan bahwa pada tahap operasional PDM digunakan sebagai alat komunikasi antara konsumen dengan manufaktur. Namun pada kenyataannya, hal ini belum terealisasi dengan baik, karena konsumen tidak dapat langsung mendapatkan manfaat dari PDM.

Konsumen seringkali tidak mendapatkan informasi detail mengenai produknya. Selain itu, mereka bahkan tidak mengetahui dengan pasti bagaimana cara mengoperasikan produknya dengan benar dan efisien. Buku petunjuk penggunaan seharusnya dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara pengguna dengan produsen laptop untuk menyampaikan informasi tersebut. Namun kenyataannya, adanya penggunaan buku petunjuk penggunaan tidak cukup signifikan mengurangi jumlah kegagalan fungsi produk sebelum masa garansinya berakhir.

Hal diatas melatarbelakangi penelitian ini, dimana penelitian ini bertujuan untuk membuat desain technical support sebagai upaya untuk mengkomunikasikan operasional laptop khususnya laptop Acer sebagai objek penelitian ini, agar dapat digunakan dengan benar dan efisien, untuk memperpanjang waktu penggunaan laptop hingga waktu terjadi kegagalan fungsi.

1.2 Perumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mendesain technical support yang user friendly sebagai petunjuk penggunaan laptop secara benar dan efisien. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan komponen utama laptop untuk mencegah kegagalan fungsi laptop Acer sejak dini.

1.3 Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk :

  1. Mengetahui fungsi yang sering mengalami kegagalan pada laptop XXX dan penyebabnya.
  2. Mengetahui komponen utama yang sering mengalami kerusakan disebabkan ketidak tepatan prosedur penggunaan
  3. Mengetahui tindakan pengguna ketika terjadi kerusakan pada komponen utama laptopnya
  4. Membuat desain technical support dalam bentuk indikator dan interface pada laptop sebagai petunjuk prosedur penggunaan laptop secara benar dan efisien (hemat energi).

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan mengenai fungsi laptop dan komponen penggeraknya secara lebih detail
  2. Memberikan pengetahuan mengenai penyebab kegagalan fungsi laptop dan kerusakan komponen yang terjadi
  3. Memberikan pengetahuan tentang prosedur penggunaan yang benar dan efisien untuk menggunakan laptop
  4. Memberikan pengetahuan dalam hal pemeliharaan laptop dan tindakan perbaikan yang dapat dilakukan secara mandiri ketika terjadi kegagalan fungsi dan atau kerusakan komponen.

1.5 Batasan dan Asumsi

Ruang lingkup penelitian ini meliputi :

Pengumpulan dan pengolahan meta-data untuk PDM hanya dilakukan pada maintenance center

Asumsi dari penelitian ini adalah :

  1. Meta-data yang berasal dari maintenance center cukup kuat digunakan sebagai dasar desain technical support dalam bentuk indikator dan interface pada laptop
  2. Komponen dan fungsi dasar pada laptop yang ada saat ini mendukung penambahan indikator dan interface baru sebagai bagiannya.

1.6  Jadwal Penelitian

Penelitian ini akan dilakukan selama 4 minggu, terhitung sejak disetujuinya proposal penelitian ini, yaitu dimulai tanggal 1 bulan Juni dan selesai pada tanggal 26 Juni 2009. Namun pada kenyataannya, kami telah melakukan pengamatan pendahuluan dimulai sejak proses pembuatan proposal ini dilakukan.

 

BAB III   METODOLOGI PENELITIAN


Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu  identifikasi kondisi saat ini dan tahap kedua yaitu rencana pengembangan penelitian.

3.1   Identifikasi kondisi saat ini

Pada tahap ini dilakukan studi literatur dan pengamatan pendahuluan. Studi literatur dilakukan untuk mendapatkan gap penelitian terdahulu sebagai dasar untuk menetapkan rumusan permasalahan. Dilain pihak, perlu dilakukan pengamatan pendahuluan untuk menetapkan objek penelitian dan memastikan ketersediaan data di lapangan. Selain itu diperlukan pula Setelah dipastikan

3.2   Rencana pengembangan penelitian

Pada tahap ini dilakukan rencana pengembangan penelitian, meliputi pengumpulan data, pengolahan dan analisa data, dan sebagai outputnya adalah desain technical support dalam bentuk desain interface dan indikator pada laptop. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, ghost shopper, dan kuesioner. Langkah ini ditujukan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait dengan perilaku penggunaan laptop dan pemeliharaan laptop oleh konsumen, edukasi dan penyampaian informasi oleh maintenance center kepada konsumen, serta informasi yang tersampaikan oleh maintenance center dan dibutuhkan oleh konsumen terkait dengan produk.

Pengolahan data dilakukan dengan statistik deskriptif dan analisa korelasi, untuk mengetahui kebutuhan dan hubungan perilaku konsumen terhadap kegagalan fungsi laptop. Pada akhirnya, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain technical support yang user friendly sehingga kegagalan fungsi yang banyak teridentifikasi dapat dikurangi jumlahnya melalui prosedur penggunaan yang benar dan efisien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s