Good Morning

Good Morning by : D`Cinnamons

See the sky, so clear
So cold, feel the spirit of brighter day today
Hear the green says
So peace, so calm
Feel the peacefulness & hopefulness today
Good morning, My love, I love you

Hear the voices
They’re singing for you
They said bout hopfulness & hapiness today
Feel the wind touch your soul
So deep, wake you up
Good mo..o..or..ning, My love, I love you

But suddenly,
There’s something disturb all of peacefulness
There’s something destroy all of peacefulness
Never wanna let go this beautiful day
This beautiful day

They’re making sound
They’re making smell
Disturb me, disturb me

Feel the sun
So warm, comfotable
Touch your skin, living for today

Orang bilang pagi adalah saat yang baik untuk mempersiapkan harimu… Semangat di pagi hari biasanya akan memberikanmu energi utuh selama satu hari.

Di sini, di Surabaya, pagi ini hujan turun cukup deras. Mungkin hujan ini sudah dimulai sejak dini hari tadi. Melihat genangan air yang cukup ‘basah’ di daerah sekitar.

Hujan pagi biasanya membuat manusia ‘tergoda’ untuk terus melanjutkan tidurnya. Dukungan hawa dingin akan menimbulkan ‘semangat tidur dan bermalas-malasan’ yang lebih tinggi ^_^ Mungkin juga hujan bisa menjadi alasan ‘menolak atau menghindari’ acara atau janji pada hari itu. Misalnya saat mestinya kita harus bertemu guru, dosen atau orang yang ‘sedang tidak ingin dijumpai’, hujan bisa menjadi alasan ampuh untuk menghindari acara tersebut.

Tetapi sebaliknya hujan bisa menjadi ujian bagi orang yang memiliki keteguhan tinggi. Hujan seolah menjadi ‘tambahan tantangan’ bagi orang tertentu yang memiliki semangat tinggi di pagi hari.

Tak peduli sedingin atau semalas apapun godaannya, mereka akan tetap bergegas menyambut pagi hari. Hal ini terjadi dengan berbagai motivasi tentunya. Misalnya :

1. Motivasi kewajiban, contohnya wajib hadir di kampus, sekolah atau tempat kerja. Apalagi apabila hari itu ada ujian atau inspeksi atasan. Untuk alasan ini maka motivasinya tidak berdasar kewajiban saja, tetapi juga tercampur rasa takut dan terpaksa😛

2. Motivasi semangat, yaa memang mereka berniat tinggi untuk beraktivitas, entah itu sekolah, kuliah atau bekerja. Orang dengan tipe ini biasanya amat menyukai kehidupan akademis atau karir mereka, sehingga hujan pagi bukan alasan tepat untuk membolos atau sekedar datang terlambat.

A man is a success if he gets up in the morning and gets to bed at night, and in between he does what he wants to do.
Bob Dylan

I love the sweet smell of dawn –
our unique daily opportunity to smell time,
to smell opportunity –
each morning being, a new beginning.
~Terri Guillemets

Nah, semangat bisa timbul dari siapa saja… semangat bisa muncul dari, -misalnya suasana sekolah yang menyenangkan, teman-teman baik yang dirindukan, pekerjaan yang disuka, atau rasa ikhlas yang tinggi untuk melakukan segala sesuatu.

Tapi semangat juga bisa timbul dari orang yang kita sayangi, betul? telepon dan salam di pagi hari untuk membangunkan orang yang disayang secara tidak langsung akan memberikan semangat ‘lebih’ untuknya. Rasa didukung dan diperhatikan akan meningkat sehingga rasa malas akan terkikis (entah cepat atau lambat- tergantung tingkat respon juga sih..)

Jadi, kalau pagi ini kamu merasa bersemangat, tularkan semangat itu ke orang lain.

Tawarkan kedamaian di pagi hari kepada orang lain. Tunjukkan bahwa sekalipun hujan, hal itu tidak akan mengurangi semangat pagi hair, tetapi justru memberikan ‘tambahan’ kedamaian suasana pagi.

Ingatkanlah akan kebahagiaan dan harapan yang harus dimulai sejak pagi hari…

Jangan biarkan mereka bangun dari pagi hari karena suara bising kendaraan bermotor, panas matahari yang menyengat, bau asap yang terhirup atau dering alarm tanpa henti.

Pagi adalah suat kesempatan untuk memulai dan menciptakan harimu.

The moment when you first wake up in the morning is the most wonderful of the twenty-four hours.  No matter how weary or dreary you may feel, you possess the certainty that, during the day that lies before you, absolutely anything may happen.  And the fact that it practically always doesn’t, matters not a jot.  The possibility is always there.

~Monica Baldwin

Bahkan Allah, sang Pencipta kita pun memerintahkan kita sebagai umatnya untuk berusaha mengejar semangat pagi hari…

Perintah ini terluang dalam kewajiban kita untuk sholat Subuh. Jika kita amati, ada satu hal yang berbeda padasholat subuh dibandingkan sholat lima waktu lainnya, yaitu pada adzan dengan kalimat “ash shalatu khairun minan naum”, yang menjadi titik perbedaannya. Arti kalimat itu adalah shalat itu lebih baik dari pada tidur.

Karena sebenarnya memang ada banyak hikmah yang bisa diambil dari ritual di pagi buta ini…

Dari peluang rezeki yang besar karena sudah mulai sejak subuh sampai manfaat terhindar dari kemacetan jalanan.

Tapi ternyata bukan itu saja arti manfaatan yang Allah berikan.

 

Sholat Subuh juga mempunyai manfaat mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular.

Di dalam tubuh manusia ada kekuatan yang terus bekerja tanpa kita komando. Apakah kita sedang tersadar atau tidur. Kekuatan yang mengatur gerak usus kita sehingga bisa dikeluarkan menjadi feses setelah menyerap zat-zat bermanfaat untuk tubuh. Kekuatan syaraf otonom mempunyai 2 fungsi yang bekerja secara antagonis, biasa kita sebut sebagai syaraf simpatis dan syaraf parasimpatis.

Kita mempunyai irama tubuh yang biasa disebut irama sirkadian tubuh dimana mulai jam 3 dini terjadi peningkatan adrenalin. Akibatnya tekanan darah manusia juga meningkat. Padahal kita sedang tidur pulas. Biasanya adrenalin kita bekerja saat kita beraktifitas atau dalam keadaan stress. Selain itu terjadi pula penyempitan pembuluh darah otak yang menyebabkan oksigenasi otak berkurang sehingga kita merasa berat kalo bangun pagi dan cenderung mengantuk. Peningkatan adrenalin juga mengaktivasi sistem pembekuan darah dimana sel-sel trombosit berangkulan membentuk suatu trombus. Trombus inilah yang menyebabkan gangguan kardiovaskuler pada manusia. Semuanya adalah pekerjaan saraf simpatis.

Hasil penelitian Furchgott dan Ignarro serta Murad tentang suatu zat didalam dinding sel yang dapat melebarkan pembuluh darah menjawab pertanyaan di atas. Zat yang ditemukan itu bernama NO (Nitrit Oksida). Yang luar biasa adalah ternyata Nitrit Oksida ini diproduksi terus menerus selama istirahat termasuk ketika manusia tidur. Zat ini juga mencegah terbentuknya trombus dengan menghambat agregasi/penempelan trombosit. Hasil temuan ini mendapat hadiah NOBEL tahun 1998.

Aktivitas bangun pagi untuk sholat subuh (apalagi ditambah dengan berjalan kaki di pagi hari) dapat meningkatkan kadar NO  dalam pembuluh darah sehingga oksigenasi ke otak juga bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak dan yang pasti trombosit dicegah untuk saling menempel jadinya pembuluh darah tidak bertambah sempit. Aktivitas mengejan yang ditimbulkan pada gerakan rukuk dalam sholat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari syaraf simpatis seperti yang sudah dijelaskan di atas.

(mukjizatalquran.com)

Jadi kesimpulannya….

Jangan biarkan pagi berlalu begitu saja

😉

Lose an hour in the morning, and you will be all day hunting for it.

~Richard Whately

 

Pesan dari penulis :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s