Environmental Management Accounting

Konsep Environmental Management Accounting (EMA) merupakan salah satu jenis akuntansi manajemen yang dikembangkan untuk mengidentifikasi biaya-biaya lingkungan pada perusahaan. Konsep EMA lahir dari pengembangan konsep environmental accounting yang memiliki keterbatasan dalam pengolahan informasi biaya lingkungan (environmental cost).

Management accounting merupakan jenis akuntansi manajemen fokus pada informasi moneter dan non moneter yang menginformasikan keputusan dan tindakan manajemen seperti planning, budgeting, menjamin penggunaan resources yang efisien, pengukuran performansi serta formulasi strategi dan aturan bisnis sehingga management accounting mampu menjelaskan (Jasch, 2009) keuangan yang terkait dengan aktivitas lingkungan. Namun terdapat kelemahan pada management accounting dalam keterbatasan pemahaman informasi mengenai aliran proses fisik atau material proses produksi dan pengaruhnya dalam masalah pembiayaan, yang menimbulkan kesulitan dalam menemukan kesempatan untuk perbaikan efisiensi resources. Dengan pengintegrasian konsep management accounting ke dalam konsep environmental accounting maka lahirlah konsep EMA yang mampu mengolah informasi data biaya lingkungan lebih akurat untuk kepentingan perusahaan dan lingkungan.

EMA didefinisikan sebagai akuntansi manajemen yang dikerjakan pada unit fisik dan moneter (Schaltegger, 2002). Sehingga EMA merupakan implementasi sistem dan praktek akuntansi yang tepat yang mampu mengidentifikasi, mengumpulkan, mengukur, menghitung, mengelompokkan dan menganalisis informasi lingkungan (fisik dan moneter) untuk mendukung pengambilan keputusan internal dan eksternal.

EMA menyediakan pendekatan lebih comprehensive pada management accounting, dimana EMA mempengaruhi keputusan manajemen terkait dampak performansi lingkungan dan finansial suatu perusahaan.  Dengan informasi yang didapat maka manajemen dapat  menemukan potensi perbaikan untuk  penghematan biaya sekaligus perlindungan lingkungan optimal.

Pengolahan Informasi pada  EMA

The United Nation Expert Working Group on EMA (Schaltegger, 2002) mengelompokkan komponen informasi EMA menjadi dua bagian  yaitu:

  • Informasi fisik pada penggunaan, aliran dan tujuan aliran energi, air dan material (termasuk limbah) yang disebut sebagai PEMA (Physical Environmental Management Accounting).
  • Informasi moneter pada biaya, pendapatan dan penghematan yang berhubungan dengan lingkungan yang disebut sebagai MEMA (Monetary Environmental Accounting).

 

from Bab 2 Tinjauan Pustaka.

TUGAS AKHIR 2506100107

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s