Jamur Crunchy

Kelinci coklat pertama kali mencoba makanan yang satu ini (jamur crunchy) sewaktu kelinci putih bawain jajanan ini ke rumah kelinci coklat. Waktu pertama kali coba, ternyata enak juga, kombinasi asin-gurih dan renyah yang cukup oke.

Namun keesokan harinya waktu pengen beli lagi ternyata tempat franchaise yang jual jamur crunchy ini lumayan jauh. Buka-nya juga cuma sore sampe malem aja. Jadi kelinci coklat akhirnya jarang beli lagi..

Sampe suatu ketika kelinci coklat liat jamur mentah di pasar yang persis kaya bahan jamur crunchy tersebut. Dengan tingkat trial-error tingkat tinggi maka kelinci coklat mencoba memasaknya. Dan hasilnya- GAGAL – Sekarang kelinci coklat lagi inget kegagalan tersebut dan berusaha mencari resep yang “baik dan benar” untuk membuat jamur crunchy tersebut.

Yah, kapan-kapan kalo kelinci coklat nemu jamur tiram putih mentah mungkin akan kelinci coklat praktekin lagi deh,hehe

JAMUR CRUNCHY

Ini resep yang didapat, tapi masalahnya jamur yang dipakai jenisnya berbeda sih..

Bahannya :

  • 200 gram jamur merang
  • 100 gram tepung beras
  • air secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1/2 bungkus bumbu penyedap yang kecil
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih, dipotong kasar
  • 3 siung bawang merah, dipotong kasar
  • 1 sendok teh ketumbar

Taburan :

  • bumbu keju siap pakai

Sekarang ke dapur yukz :

  1. Jamur dibersihkan bagian hitam-hitamnya, lalu diiris tipis dan dicuci bersih. Sisihkan.
  2. Semua bahan bumbu halus dicuci bersih lalu digiling menggunakan chopper hingga halus.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan tepung beras dan bumbu halus.
  4. Tuangkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi agak kental.
  5. Beri garam dan bumbu penyedap, lalu aduk rata kembali.
  6. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, masukkan satu persatu irisan jamur merang sudah terbungkus adonan kulit.
  7. Masak hingga matang, kering dan renyah di atas api sedang. Angkat dan tiriskan di dalam saringan. Biarkan agak dingin dan sisihkan.
  8. Siapkan mangkuk kecil, masukkan bumbu keju siap pakai ke dalamnya.
  9. Lalu gulingkan satu persatu jamur crispy yang sudah digoreng dan agak dingin tadi ke dalamnya.
  10. Sajikan di dalam piring cantik.

Tips :

– Jika sudah mempunyai bumbu halus dari bawang putih, bawang merah dan ketumbar, gunakan sebanyak 2 sendok teh untuk resep Jamur Crispy di atas.

– Bumbu keju siap pakai-nya bisa digantikan dengan rasa barbeque atau yang lainnya sesuai dengan favorit keluarga Anda.

– Jangan mencampurkan bumbu keju siap pakai-nya dengan adonan kulitnya hanya karena ingin praktis. Ini dimaksudkan agar saat menggoreng jamur crispy tidak saling menggumpal dan wajan tidak menjadi lengket.

Pesan : Selamat Menikmati… http://dapur-cantik.blogspot.com/2008/05/jamur-crispy.html

Ada juga referensi resep lain, namanya Jamur Tepung

Bisa jadi camilan, bisa jadi makanan utamanya pakai nasi hangat.

JAMUR TEPUNG

Bahan :

Jamur ( bisa shitake, merang, putih (es) )

2 sdm tepung terigu

2 sdm tepung beras merica,

garam,

bawang putih,

kunyit ( haluskan )

air

Cara Membuatnya :

* Potong jamur menjadi 4 (agak tipis biar bisa kering)

* Buat adonan tepung seperti membuat tepung tempe mendoan, agak cair.

* Masukkan jamur ke adonan tepung.

* Goreng jamur (tepung jangan terlalu banyak yang menempel di jamurnya) hingga kering.

sumber : http://www.acehforum.or.id/aneka-resep-jamur-t11025.html?s=58bea5d23fce19217dcc31e9a4f8f305&

Dan ini juga ada satu alternatif resep lagi

JAMUR CRISPY

Bahan:

Satu bungkus Jamur Tiram segar (sekitar 2ons)

1 Butir telur

Garam

Penyedap rasa

100 gr Tepung Terigu

50 gr Tepung Maizena

2 gr Baking Powder

Cara Membuat :

1. Bersihkan jamur segar dari kotoran. Iris -iris memanjang.

2. Letakkan irisan jamur ke dalam wadah, siram dengan air panas, aduk2 sebentar.

3. Tiriskan jamur tiram, sedikit tekan/peras, hingga air berkurang.

4. Kocok lepas telur ayam, beri garam & penyedap rasa, rasa disesuaikan selera masing-masing. Kocok hingga garam larut.

5. Celupkan jamur ke dalam kocokan telur, lumuri rata.

6. Masukkan celupan jamur tadi ke dalam adonan tepung, aduk-aduk dgn diremas2 hingga tepung menempel sempurna pada jamur.

7. Panaskan api hingga sedang saja, jangan terlalu panas, goreng jamur bertepung hingga kering sempurna, angkat tiriskan, siap disajikan dengan aneka topping/taburan.

4 thoughts on “Jamur Crunchy

  1. Kelinci coklat pernah masakin kelinci putih jamur crispy. Tapi karena minim pengalaman jadinya bentuk yang terlihat oleh kasat mata tidak begitu atraktif😛 Walaupun dari segi rasa sudah lumayan enak…
    Kelinci putih tetap senang, karena kelinci coklat sudah bela2in blepotan tepung dan cuci piring serta alat masak lain buat bikin kelinci putih bisa ngicip jamur crispy…
    Makasi ya😀

  2. Dedy …boleh tu masukanya.. sebelum jamur di.goreng masukan ke minuman soda baru gulir balur ke tepung bumbu ya mksdnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s