Martabak Manis

Kelinci coklat baru dua kali ini beli martabak manis di daerah deket kampus. Ternyata ada juga martabak manis yang enak di sini. Martabak manis dikenal juga sebagai martabak kue atau martabak terang bulan. Makanan yang empuk, manis dan paling enak dimakan waktu hangat ini sayangnya lemaknya banyaak banget [mentega-nya woowww] so kelinci coklat gak berani beli sering-sering.

Harga di tukang terambulan ini cukup murah, untuk topping kacang-coklat atau coklat-selai [ada selai strawberry, bluebery dan nanas] cukup Rp 5.000,00 saja. Selain itu ada juga varian coklat-keju-kacang, serta coklat-pisang yang harganya sekitar Rp 8.000,00.

Kalo kelinci coklat sih suka yang coklat-keju-kacang. Tapi pernah coba coklat-pisang ternyata enak juga.

Nah, ini dia resep buat bikin martabak manis. Kayaknya yang terpenting tuh harus punya cetakan kulitnya. Kalau gak ada wajan khusus cetakan ya bentuknya gak bisa jadi terambulan dong…

Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu
1 sdt ragi instan (yeast)
150 gr gula pasir
375 cc santan hangat
2 butir telur
¼ sdt soda kue

Bahan Isi menurut selera:
Kacang tanah, sangrai, kupas, cincang
Wijen, sangrai
Gula pasir
Coklat
Keju Parut
Susu kental manis

Cara Membuat:
1. Masukkan ragi ke dalam santan hangat, aduk sampai larut dan berbuih, sisihkan.
2. Campur tepung dan gula, buat lubang ditengahnya, masukkan telur ke dalamnya. Uleni sambil dituangkan larutan santan, sampai gula larut, masukkan soda kue, uleni kembali sampau tercampur rata. Biarkan kurang lebih 15-20 menit di tempat yang hangat.
3. Panaskan wajan martabak dan olesi margarine. Tuang adonan ke dalamnya sampai naik dan permukaannya agak mengering dan bagian luarnya menjadi kecoklatan.
4. Angkat dan letakkan ke atas telenan potong.
5. Taburkan gula pasir ke permukaan martabak hingga rata. Disusul dengan susu kental manis. Sesuai dengan selera, taburi bahan kesukaan anda dan bahan taburan dapat dikombinasi.
6. Lipat martabak menjadi 2, potong menurut selera.

Untuk 10-12 potong